Penerimaan Bea Masuk dan Cukai sampai Bulan Oktober 2019 sebesar Rp. 184.160.016.000,00 (tercapai 63,9% total target 2019)


Blitar (26/04) - Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2019, Bea Cukai Blitar bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) Kab. Blitar, melakukan Kegiatan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi (26/4).  Sehubungan dengan Nota Dinas Sekretariat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai nomor ND-1276/BC.01/2019 seluruh instansi dibawah Kementerian Keuangan secara serentak diwajibkan untuk melaksanakan simulasi tersebut, mengingat semakin banyaknya bencana yang terjadi. Moch. Arif Setijo Noegroho, selaku Kepala KPPBC TMP C Blitar mengawali kegiatan pagi ini dengan memberi kata sambutan serta ucapan terimakasih atas kedatangan para pegawai BPBD yang sudah bersedia untuk memberikan materi terkait tata cara penyelamatan diri jika terjadi gempa bumi.

Selanjutnya adalah acara inti yaitu, pemaparan materi tentang tata cara evakuasi jika terjadi gempa bumi oleh Sabar selaku Kasi Kesiapsiagaan, BPBD Kab. Blitar. Beliau menjelaskan bahwa ketika terdengar sirine pertama, yang artinya telah terjadi gempa, yang terpenting adalah tidak panik dan selalu lindungi kepala yang merupakan organ rawan di tubuh manusia."Jika kita berada di lantai yang tinggi di sebuah gedung atau di lantai dasar tapi susah untuk keluar, maka sebaiknya cari meja yang kuat dan berlindung dibawahnya. Setelah terdengar sirine kedua, yang merupakan tanda bahwa gempa telah berakhir, maka disarankan langsung bergegas menuju titik kumpul di area terbuka.” Jelasnya. Acara pun dilanjutkan dengan simulasi evakuasi gempa yang diikuti oleh seluruh pegawai, CS dan PKD KPPBC TMP C Blitar. Acara pun dapat berjalan dengan lancar dan para peserta dapat mempraktekan dengan baik sesuai instruksi yang diberikan oleh BPPBD.

Moch. Arif Setijo Noegroho mengungkapkan betapa pentingnya pengetahuan tentang penyelamatan diri jika terjadi gempa bumi tersebut. “Kita harus selalu waspada dan berhati-hati terhadap gempa yang terjadi saat kita sedang bekerja. Maka dari itu diharapkan kepada seluruh pegawai Bea Cukai Blitar menyimpan baik-baik dalam ingatan mengenai simulasi yang dilakukan hari ini agar apabila dibutuhkan dapat diaplikasikan secara langsung.” Tegasnya. 



Posting Komentar